|

Belum Diresmikan, Target Saber Pungli Gedung Baru Samsat

Untuk memanjakan Wajib Pajak (khususnya-red) Pemilik Kenderaan Bermotor,  Pemerintah Kota Bekasi mendirikan bangunan  Samsat (system manunggal satu atap) di Jalan Ir H Juanda Nomor 302, Kota Bekasi.  Selain akses jalan yang tidak jauh jauh Terminal Kota Bekasi, juga dekat pintu Tol Timur dan jalur ini biasa digunakan pengguna kenderaan menuju Pantura (Pantai Utara-red) tanpa Tol.

Meski gedung baru sudah digunakan hampir seminggu, tapi belum diresmikan penggunaannya. Arsip masih di gedung lama. Namun, gedung baru yang megah dan areal parkir yang luas.  Tenyata tidak jaminan akan merubah pelayanan terhadap wajib pajak untuk terhindar dari pungutan tidak resmi.

Mulai dari cek fisik,  berita acara di tata usaha, pemblokiran bila memiliki kenderaan 2 agar tinggal 1, pendaftaran perpanjangan, tukar nama, hilang, pindah alamat, mutasi masuk, hingga kenderaan baru dan mutasi luar daerah.

Semua berkas diberi kode, bila mau aman. KKN (Kolusi khususnya-red). Pemilik Kode pun beragam, mulai dari petugas, biro jasa, bahkan ngaku wartawan tapi tidak bisa buat berita dan tidak punya media, seperti koran, majalah,  tabloid dan online.  Salah seorang calo yang pegang kartu pers, mengeluhkan pada media ini (17/4) tentang mahalnya tarif pungutan tidak resmi di bagian mutasi luar daerah.

Semetara itu, Ketua Presidium Indonesia Police Watch, Neta S Pane, ketika ditanya tentang gedung baru dan pungutan liar, pihaknya menuturkan, pemakaian gedung telah siap walau belum diresmikan.

“Artinya, boleh saja Samsat Bekasi memakai gedung baru yang belum diresmikan. Lagian gedung baru itu kan, untuk meningkatkan  pelayanan kepada masyarakat.  Setidaknya,  bisa membuat masyarakat yang datang ke Samsat merasa nyaman”, tuturnya.

Lebih lanjut dia juga menyayangkan jika di gedung baru itu tidak ada semangat baru. Tidak ada perubahan dan praktek pungli tetap marak.

“Untuk mebrantas pungli tersebut, tim Saber Pungli harus turun ke samsat Bekasi melakukan OTT agar ada efek jera oknum. Tanpa gebrakan itu masyarakat akan terus  menjadi bulan-bulanan aksi pungli oknum yang tidak bertanggung jawab” tandasnya.

Sedangkan salah seorang Petinggi di Direktorat Lalu lintas Polda Metropolitan Jakarta Raya, saat dihubungi via WA tentang Gedung Baru Samsat Kota Bekasi, enggan berkomentar.  (Gusti SW/@infongawi.com)

 

 

Tags: ,

Leave a Reply

WordPress Themes

_____