|

Forum Merdeka Embrio Perubahan KAMI

Slamet Wiyono, eks TKI sukses Ternak Kambing

Slamet Wiyono, eks TKI sukses Ternak Kambing

INFO NGAWI – Awalnya kebingungan dan kurang percaya diri untuk menapaki perjalanan hidup nan panjang harus ditempuh selalu mengganggu pria yang pernah kerja ke Luar Negeri sebagai TKI. Slamet Wiyono (35), pria kelahiran Desa Tempuran, Paron Ngawi ini bergelut di Negeri Ginseng, Korea selama 6 tahun.

Dalam benaknya, sempat terbersit rasa keraguan setelah pulang di kampung halamannya, “Akan usaha apa ya nanti sepulang dari sana (Korea)”. Bermula dari angan-angan dan akhirnya muncul uneg-uneg, dan menjatuhkan pilihannya untuk mencoba wirausaha mandiri.

Di halaman belakang kediaman rumahnya dijadikan alternatif untuk wirausaha ternak kambing. Slamet mampu piara sedikitnya 40 ekor kambing tanpa kebingungan mencari pakan ternaknya. Usaha ternak yang digelutinya satu tahun ini telah mendulang keuntungan satu kali panen, dan menjelang Hari Raya Qurban ini, Slamet telah ancang-ancang untuk panen ternak yang kedua kalinya.

Slamet tidak begitu ribet ngurusi ternaknya, dia hanya memberi makan dari pakan yang telah difermentasi. Saat ditemui di kandang ternaknya, pada awak media menuturkan pemberian makan hasil fermentasi cukup dua kali dalam sehari, pagi dan sore.

Daun Jati pun habis dilalap

Slamet Wiyono : Daun Jati pun Kambing ini juga doyan

“Ternak bisa diberi makanan tambahan apapun, misal kulit kacang, daun jati, daun bambu pun juga mau. Dan untuk air minum harus selalu disediakan,” terang Slamet pada awak media dan Forum Merdeka, Kamis (10/10).

“Pembuatan Fermentasi pakan ternak, semua bahan harus yang mengandung serat Karbohidrat (misal Bekatul), Protein (misal Pohon Pisang yang telah dicincang), dicampur dengan Microba / SOC (Suplement Organic Cair). Bahan basah (pakan hasil fermentasi,red) bisa diberikan pada ternak setelah 3 jam,” ulas pria yang sekaligus Pimpinan KAMI (Keluarga Alumni Migran Indonesia) wilayah Ngawi.

SOC, lanjutnya, merupakan suplemen untuk mengurangi stress pada hewan, meningkatkan daya tahan tubuh, memberi efek rangsang nafsu makan pada ternak. Sehingga nggak aneh bila daun jati pun bisa makan habis, imbuh Slamet.

Proses Pembuatan Fermentasi Pakan Ternak

Proses Pembuatan Fermentasi Pakan Ternak

Di sisi lain, pria yang juga punya kesibukan Bengkel Las ini juga punya keinginan dan harapan kuat bagi para eks TKI/TKW untuk bisa usaha mandiri. “Sebenarnya KAMI (Keluarga Alumni Migrant Indonesia) punya gagasan dan mengajak para eks TKI bisa usaha mandiri di kampung halamannya,” terang Slamet.

“Kita mencoba melakukan pendataan eks TKI asal Ngawi untuk koordinasi dan memberi wadah dalam KAMI agar bisa tercipta lapangan usaha mandiri. Pihak BPPKB, Dinas Koperasi, Dekopinda, Disnaker Kabupaten Ngawi telah memberi sinyal postif untuk langkah KAMI ini,” jelas Slamet.

Sehari sebelumnya, Rabu (09/10), beberapa orang yang juga peduli atas keberadaan eks TKI telah melakukan gerakan untuk menyatukan visi. Kumpulan yang menamakan diri ‘Forum Merdeka’ ini terdiri atas Media Info Ngawi, Surya Jagad, Tipikor, LSM Gemak, Pokmas, dan KAMI sendiri.

Forum Merdeka Gagas Tiga Program

Forum Merdeka Gagas Tiga Program

Dalam obrolan tersebut, Forum Merdeka mempunyai 3 program penyatuan visi yang akan dilaksanakan, yakni program Pemberdayaan eks TKI, Program Advokasi Lingkungan Hidup, dan Progaram Pelatihan Hypnoteraphy.

Diulas, program Pemberdayaan eks TKI dengan memberikan pelatihan wirausaha sesuai kemampuan dan bidangnya masing-masing, program Advokasi Lingkungan Hidup dengan menggandeng Sekolah Adiwiyata, Program Pelatihan Hypnoteraphy  bertujuan untuk mengoptimalkan fikiran alam bahwa sadar dan konsentrasi. (mit@infongai.com)

Tags: , ,

2 Responses for “Forum Merdeka Embrio Perubahan KAMI”

  1. […] yang telah diberitakan sebelumnya dalam Forum Merdeka, media Info Ngawi dan Surya Jagad yang merupakan salah satu penggagas lahirnya ‘Embrio […]

  2. sesuatu itu perlu dicoba, alhamdulillah hasilnya nampak. modal dari tki untuk memulai langkah awal di tanah sendiri , selamat Slamet Wiyono

Leave a Reply

Free WordPress Themes

_____