|

Hasil Test CPNS dan Honorer K2

Panitia nasional tes kompetensi dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) optimis bisa mengumumkan hasil ujian tulis itu pada Senin, (17/09). “Hingga saat ini masih on schedule, dan tidak ada kendala yang berarti,” ujar Deputi SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN&RB) Ramli E Naibaho, di Gedung BPPT, Jakarta, Rabu (12/9).

Lebih lanjut dikatakan, posisi pada 10 September lalu, jumlah lembaran jawaban kerja (LJK) yang sudah diterima panitia sebanyak 89.597 lembar dari 18 kementerian/lembaga dan 21 pemerintah daerah. Sedangkan dua K/L lainnya, yakni Kemendikbud dan Setjen Mahkamah Agung menyerahkannya Rabu, (12/09) sehingga semuanya sudah masuk ke BPPT untuk diolah.

Diakuinya, sejumlah instansi penyelenggara tes kompetensi dasar (TKD) mulai menyerahkan LJK kepada panitia pada Sabtu (08/09) sesaat setelah berlangsungnya ujian tulis. Instansi dimaksud antara lain Kementerian Luar Negeri, Kementerian Perdagangan, BPS, BPPT, BKPM, BNP2TKI, dan LKPP. Sedangkan instansi daerah adalah Pemkot Bandung dan Pemprov Bali.

“Pengumuman akan dimuat di website KemenPAN&RB. Pengumuman itu berisi hasil ujian seluruh peserta TKD, termasuk nilainya. Selain itu juga akan diumumkan passing grade, sehingga peserta ujian dapat mengetahui alasannya, kenapa dia tidak lulus tes. Jadi semuanya transparan dan akuntabel, tidak perlu ada yang ditutup-tutupi,” tuturnya.

Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk kategori khusus dan kebutuhan mendesak yang dilakukan serentak pada Sabtu (08/09) diklaim sukses. Indikasinya dinilai dari lancarnya pelaksanaan tes. Selain itu pengaduan soal penyimpangan saat tes pun nihil.

“Saya optimistis, tes CPNS kali ini lancar dan tidak ada komplain. Ini sesuai pantauan kami di lapangan,” kata Sekretaris Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (SesmenPAN&RB) Tasdik Kinanto.

Menurut dia, tes CPNS yang dilakukan serentak 41 instansi di pusat dan daerah akan menjadi model dalam pelaksanaan seleksi berikutnya. “Ternyata cara ini cukup jitu mengurangi penyimpangan. Namun, ke depan akan lebih ditingkatkan lagi agar seleksinya benar-benar bebas KKN,” tegasnya.

“Keterlibatan seluruh elemen dalam pelaksanaan tes CPNS ini cukup membahkan hasil. Mudah-mudahan hasil pengumumannya nanti juga tidak ada komplain karena pemeriksaan dilakukan oleh konsorsium PTN dan diawasi oleh ICW juga,” terangnya.

Sejumlah calon pelamar mengaku was=was dan deg-degan menunggu hasil tes CPNS tersebut. Rahmi, peserta tes CPNS asal Depok mengaku pasrah pada apapun hasil pengumuman besok Senin.

Sementara setelah dianggap sukses mengadakan seleksi CPNS pada 08/09 lalu, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN&RB) akan melakukan mekanisme serupa dalam tes CPNS dari honorer kategori dua (K2). Seleksi yang digadang-gadang pada April-Mei 2013 itu, akan dilaksanakan serentak dan diawasi oleh beberapa instansi serta LSM.

“Insya Allah April-Mei, honorer K2 dites. Tesnya berupa ujian kompetensi dasar dan ujian kompetensi bidang secara tertulis. Pelaksanaan tesnya dilakukan di hari yang sama. Jadi tidak ada jeda waktu yang panjang,” kata Sekretaris Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (SesmenPAN&RB) Tasdik Kinanto di Jakarta, Selasa (11/09).

Sama seperti pelamar umum, honorer K2 juga akan menerima sekitar 200 soal yang disusun oleh konsorsium perguruan tinggi negeri (PTN). Bobot pertanyaan di tiap-tiap instansi, disesuaikan dengan passing gratenya. Misalnya di daerah Jawa dan sekitarnya tingkat kesulitannya A dan B, Papua D, Sulawesi C, Sumatera A dan B, Kalimantan B.

“Jadi makin tinggi passing gratenya, soalnya juga makin sulit,” ujarnya.

Master soal dalam bentuk disk atau CD ini kan diserahkan ke masing-masing pejabat pembina kepegawaian untuk digandakan. Kemudian setelah selesai ujian, soalnya langsung dimusnahkan dan lembaran kerja jawaban diserahkan ke BPPT untuk diperiksa serta diolah konsorsium PTN.

Ditanya apakah saat seleksi CPNS dari honorer K2 juga bersamaan dengan pelamar umum, Tasdik mengatakan, akan disendirikan. “Kalau honorer kan sekitar April-Mei, sedangkan pelamar umum sekitar Agustus-September,” ucapnya.

Untuk diketahui jumlah awal honorer K2 yang masuk ke Badan Kepegawaian Negara (BKN) adalah 652.458 orang. Jumlah tersebut berdasar data usulan tentang tenaga honorer dari 28 instansi pusat dan 487 instansi daerah. Namun setelah perekaman, jumlah tersebut berkurang menjadi sekitar 570 ribu. (esy/jpnn)

Tags: , ,

1 Response for “Hasil Test CPNS dan Honorer K2”

  1. a says:

    pak BUP, k2 NGAWI dan MAGETAN sudah di usulkan ke BKN belum pak ? soalnya kabupaten laen sudah keluar update NIP y loo? kulo nggih pingin “Wong Cilik Bisa Melu Gumuyu”

Leave a Reply

Premium WordPress Themes

_____