|

Megahnya Masjid Tiban Malang

masjid tibanMenurut mitos, bangunan unik dan megah ini merupakan Masjid Tiban yang konon pembangunannya dilakukan oleh bangsa Jin dalam satu malam. Dinamakan ‘Tiban’ karena bangunan 10 tingkat ini tiba-tiba saja ada.

Selain kemunculannya yang tiba-tiba lokasinya yang berada di daerah pemukiman membuat Masjid ini bak Isatana di tengah perkampungan. Namun faktanya bangunan ini bukanlah sebuah masjid saja, bangunan ini merupakan komplek Pondok Pesantren Salafiyah Bihaaru Bahri’Asali Fadlaailir Rahmah.

“Jadi kalau ada orang yang mengatakan ini Masjid Jin, Masjid Tiban, Pondok Jin, Pondok Tiban, itu jelas tidak benar,” terang Ipung salah satu pengasuh Ponpes tersebut, Sabtu (03/10/2015).

Komplek yang berada di Jalan KH. Wahid Hasyim Gang Anggur Nomor 10, RT 07/RW 06, Desa Sanan Rejo, Kecamatan Turen, Malang, Jawa Timur ini dibangun di atas tanah seluas lima hektar yang dirintis sejak 1963. Namun pembengunannya baru dimulai tahun 1987 untuk menandai adanya santri atau pelajar yang sudah menetap.

Di tahun 1992 pembangunannya sempat berhenti, secara bertahap pada tahun 1998 Ponpes ini mulai dilanjutkan pembangunannya. Hingga saat ini (2015) proses pembangunan Komplek Pondo Pesantren Salafiyah Bihaaru Bahri’ Asali Fadlaailir Rahmah yang diasuh KH Ahmad Bahru Mafdlaluddin Shaleh Al Mahbub Rahmat Alam, sering disebut dengan Romo Kyai Ahmad itu terus berjalan, dan bisa dikatakan baru mencapai 50 persen.

Tags:

Leave a Reply

Free WordPress Themes

_____